Rabu, 20 Oktober 2010

Kalori Dalam Tubuhku


Ini tugas aku yang baru. Menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dan yang digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Menurut kalian aku kelebihan atau kekurangan kalori yya?? Sepertinya kekurangan dech. Karena melihat bentuk tubuhku yang sangat seksi (read: kurus) ini sangat tidak memungkinkan untuk menyimpan kelebihan kalori di dalam tubuh. Mau ditaruh di mana coba?? Tangan, kaki, leher, perut semuanya pada kurus. Tidak ada ruang untuk menyimpan lemak-lemak yang berlebihan. Tapi biar lebih pasti lagi, segera saja aku hitung.


Hal pertama yang harus dihitung adalah besar energy yang digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bobot badan aku adalah 40 kg, jadi besarnya energy yang kugunakan sehari-hari adalah :


Setelah itu, menghitung berapa lama aku melakukan aktivitas sehari-hari selama 24 jam. Kemudian dikali dengan besar energy yang sudah aku hitung di atas.
Dan yang terakhir adalah mendata jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh aku sehari-hari. Untuk perhitungan yang ini, aku lebih banyak mengira-ngira. Maklum selama ini aku tidak pernah menghitung berapa kalori yang ada dalam makanan ku.
   
Setelah semuanya didata dan dimasukkan ke dalam tabel. Baru aku bisa mengetahui apakah aku kekurangan atau kelebihan kalori tiap harinya. Caranya adalah mengurangi jumlah kalori dari asupan makanan dengan jumlah kalori yang aku gunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.


Sisa kalori yang menjadi lemak = Asupan makanan setiap hari - kegiatan sehari-hari
                                               = 1559,24 kkal - 1612,32 kkal
                                               = -53,08 kkal

Tuch kan benar kalau aku kekurangan kalori. Hasil pengurangannya saja -53,08 kkal. Yang berarti aku kekurangan 53,08 kalori setiap harinya. Padahal aku makan juga nggak terlalu sedikit.


1 komentar:

  1. Banyak makan cha..
    biar gk kuruss,,
    trus olahraga jalan kaki dri rumah ke sekolah..
    hee ^_<b

    BalasHapus