Rabu, 14 April 2010

Gelombang Elektromagnetik, Me-Modernisasi Dunia

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat atau bisa dibilang juga dapat merambat pada ruang hampa. Dalam kehidupan kita, gelombang elektromagnetik sangatlah bermanfaat. Gelombang tersebut lah yang dapat membantu kita untuk berkomunikasi dan mendapat banyak informasi dari seluruh penjuru dunia.

Gelombang elektromagnetik telah menjadi alat untuk me-modernisasi dunia. Gelombang tersebut yang membuat televisi dan radio dapat menyiarkan berita di seluruh dunia. Walupun sumber berita tersebut ada di Negara seberang, kita bisa mengetahuinya hanya dengan duduk santai di rumah.

Sebentar lagi Piala Dunia di Afrika Selatan akan segera dilaksanakan. Padahal jarak Afrika Selatan dengan Indonesia sangatlah jauh. Tetapi kita bisa menonton pertandingannya di rumah. Pakai apa?? Ya, jelas pakai TV, lah. Bahkan, kalau kita menonton dari TV, gambir yang terlihat akan lebih jelas, dibandingkan jika kita menonton secara langsung. Kita jadi lebih bisa memperhatika ekspresi-ekspresi pemain ketika sedang menggiring bola. Atau ketika mereka berhasil mencetak gol ke gawang lawan.

Jadi, kita tidak perlu jauh-jauh pergi Afrika Selatan hanya untuk menonton Piala Dunia. Ya, walaupun bagi sebagian orang akan lebih puas kalau bisa menonton pertandingan secara langsung. Selain itu, kita bisa lebih menghemat uang. Daripada digunakan untuk membeli tiket pesawat, uang tersebut bisa kita gunakan untuk membeli cemilan. Jadi, mata sibuk memelototi TV, mulut juga sibuk mengunyah makanan (hhaaha…)

Itulah salah satu contoh manfaat dari gelombang elektromagnetik. Satelit yang ada di luar angkasa akan memancarkan gelombang elektromagnetik ke antenna TV yang kita gunakan. Acara yang berada nun jauh di sana, bisa kita saksikan di rumah.

Contoh lainnya adalah handphone. Alat yang satu ini pasti semua orang tahu manfaatnya. Yap, benar sekali. Sebagai alat komunikasi termudah yang bisa kita bawa kemana-mana. Kita bisa menelpon sanak-saudara yang tinggal di pulau seberang. Bisa senam jempol atau ber-SMS ria dengan teman :D. Bakan, sekarang HP memiliki fasilitas internet. Jadi, lebih mudah mencari informasi. Itu semua juga berkat gelombang elektromagnetik.

Benar, kan? Gelombang elektromagnetik telah me-modernisasi dunia kita. Lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi. Kita tidak akan ketinggalan berita-berita terbaru lagi. Semuanya UP TO DATE !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar