Selasa, 13 April 2010

Listrik, 1 Kata yang sangat berarti

Listrik. Satu kata yang dapat membuat hidup kita lebih baik. Semua orang pasti memerlukan listrik. Apalagi zaman yang semakin modern. Sebagian besar barang yang ada di sekitar kita menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Televisi, radio, komputer, setrika, lampu, kulkas, AC, dan mesin cuci, semua itu menggunakan listrik agar dapat bekerja.

Ketika kita ingin melicinkan pakaian, tinggal setrika. Mau mendinginkan minuman, tinggal memasukkan minuman tersebut ke dalam kulkas. Mau mendinginkan badan setelah berjalan di siang hari yang panas, kita tinggal duduk di depan kipas angin atau masuk ke ruangan ber-AC. Atau kita lagi sibuk mengerjakan sesuatu tetapi baju kotor menumpuk? Ya, tinggal diputar di mesin cuci. Mudah sekali, kan, hidup di dunia yang memiliki energi listrik.

Oleh karena itu, tidak salah kalau listrik menjadi bagian dalam kehidupan semua orang. Dan semua orang sangat memuja listrik (hheehe…lebay…). Karena berkat dia(listrik), hidup ini menjadi lebih mudah.

Bayangkan saja jika tidak ada listrik di dunia ini. Hidup kita tidak akan bisa berkembang. Semua hal yang biasa kita kerjakan dengan mesin, harus dilakukan secara manual. Mau merapikan pakaian atau mendinginkan makanan dan minuman akan sulit dan membutuhkan waktu lama.  Tidak mengetahui perkembangan yang terjadi di dunia lain, karena tidak ada TV atau radio (hhmm… sebenarnya ada radio yang tidak menggunakan listrik). Atau penerangan kembali menggunakan lilin, yang bisa berbahaya dan mengakibatkan kebakaran.

Oleh karena itu, kita harus bersyukur karena dengan mudah bisa menggunakan listrik. Semua pekerjaan kita akan dengan mudah dan cepat selesai.

Tetapi, zaman sekarang banyak orang yang membuang-buang energi listrik. Karena kemudahannya mendapatkan aliran listrik, kita menggunakannya dengan tidak bertanggung jawab. Contohnya, tidak mematikan televisi setelah selesai menonton dan tidak mematikan lampu di ruangan yang tidak dipakai. Perbuatan seperti di atas itu yang dapat mengakibatkan kita akan kekurangan energi listrik. Dan membuat PLN harus mematikan listrik secara bergilir. Kalau sudah begitu, PLN yang disalahkan.

Makanya, karena kita sama-sama memerlukan listrik, kita juga harus bersama-sama menghematnya. Agar energi listrik tetap ada sampai bertahun-tahun yang akan datang. Dan kita tetap bisa menggunakan listrik tanpa diganggu dengan pemadaman begilir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar