Kamis, 17 Maret 2011

Menahan Nafas Di Dalam Air

Kira-kira ada gak yaa manusia yang bisa menahan nafas di dalam air lebih dari 10 menit?? Kalo aku sih 1 menit aja udah gak kuat. Teman-teman ada yang bisa? Sepertinya juga gak ada. Kan manusia itu diciptakan untuk hidup di darat dan bernafas langsung dari udara bebas. Jadi kita pasti susah untuk berlama-lama menahan nafas, apalagi kalau di dalam air.
  Tapi om Peter Colat ini koq hebat banget yah? Dia berhasil memecahkan rekor baru menahan nafas di dalam air, yaitu selama 19 menit 21 detik. Woaa.. cukup lama untuk bertahan di dalam air. Oleh karena itu sekarang Om Peter Colat ini masuk dalam pemecah rekor dunia di buku Guinness World Records. Yee…

Coba kalau aku yang memecahkan rekor itu! Wow, hebat banget.. Belum juga 1 menit di dalam air, aku sudah kelepek-kelepek melayang di dalam air. Hhaaha..

Oh yaa menurut sumber yang aku baca, kalau kepala manusia berada di dalam air, detak jantungnya akan  berkurang dan tingkat oksigen yang dipompakan ke seluruh tubuh pun juga ikut berkurang. Mungkin orang yang memiliki paru-paru besar akan lebih mampu bertahan lama didalam air dibandingkan yang kecil.

Menurut dokter Johan Anderson dari Universitas Lund (langsung aku sendiri loh yang nanya! Hhaa… #gubrak), batas kemampuan manusia menahan nafas di dalam air adalah 15 menit. Tapi biarpun begitu, kita jangan coba-coba untuk menyelam dan menahan napas terus menerus, seperti keluar air sebentar untuk mengambil napas lalu masuk lagi. Karena hal ini bisa berakibat pada bertambahnya konsentrasi protein S100B di darah yang dapat menyebabkan kerusakan otak.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar