Jumat, 18 Maret 2011

Seberapa Dalam Seseorang Dapat Menyelam?

blogger-emoticon.blogspot.com Hai teman-teman yang hoby diving! Kalian pernah gak mengukur kedalaman kalian menyelam? 1 meter? 2 meter? Atau, 3 meter? Atau ada yang pernah mencoba menyelam tanpa alat bantu pernapasan? Hhaaha.. Kalau manusia biasa pasti gak ada yang sanggup menyelam tanpa alat bantu pernapasan. Apalagi aku yang gak bisa berenang atau menyelam, jadi pasti tenggelam aja kalau berani coba-coba gitu. blogger-emoticon.blogspot.com
Tapi ada loh orang yang bisa menyelam tanpa alat bantu pernapasan. Bahkan dia bisa memecahkan rekor dunia menyelam. Dia adalah Guillaume Nery. Dan karena kehebatannya yang sanggup menyelam hingga kedalaman 200 meter lebih, si abang Nery ini mendapat julukan sebagai Manusia Ikan (Seperti cerita dongeng aja, Deny Si Manusia Ikan. Hhee..)
Pertama kali rekor dunia menyelam tanpa alat bantu pernapasan dipecahkan adalah di tahun 2002 di pelabuhan Villefranche-sur-Mer, di Alpes Maritimes, Perancis. Saat itu si abang Nery menyelam hingga kedalaman 87 meter. Kemudian pada tahun 2004 di Saint Leu, La Reunion, Nery mampu menyelam lagi hingga kedalaman 96 meter. Dan pada tanggal 6 September 2006, dia berhasil mencapai kedalaman 109 meter. Namun di bulan November 2007, rekor abang Nery dikalahkan oleh Herbert Nitsch yang mampu menyelam hingga kedalaman 112 meter. Tapi abang Nery pantang menyerah!! Mungkin karena dia gak mau dikalahkan oleh orang lain, makanya pada tanggal 3 Juli 2008, Nery berhasil menggeser posisi Herbert Nitsch karena dia mampu menyelam hingga kedalaman 113 meter. Wooowww!!!! #PlokPlokPlok blogger-emoticon.blogspot.com

Nah..di bulan Juli tahun 2010 kemarin, abang Nery kembali menunjukkan keahliannya dengan mampu menyelam hingga 202 meter tanpa menggunakan alat bantu pernapasan. Ini dia rekor dunia yang sangat spektakuler yang belum bisa dilakukan oleh orang lain.

Padahal yaa dari segi ilmu pengetahuan dan penelitian, batas maksimum menyelam manusia hanyalah 86 meter. Dan kalau tanpa peralatan bantuan pernapasan, manusia biasanya kehilangan kesadaran dalam waktu tak sampai dua menit atau saat dikedalaman lebih dari 18 meter.
Wah wah.. berarti abang Nery itu hebat sekali. Dia bisa menyelam hingga 202 meter. :D

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar